Minggu, 24 November 2019

5 Cara Speaking Bahasa Inggris Tanpa Kursus

1. Awali praktek Speaking dari hal-hal paling dekat denganmu. Lihat sekitar dan sebutkan benda-benda yang kamu lihat dalam bahasa Inggris.

Misalnya sedang ada di rumah, tepatnya di ruang tamu. Mulailah dari benda-benda yang ada di ruangan tersebut: sofa, television, door, shelves, floor, table, wall, window, wooden crafts, etc. Kalau saat ini kamu ada di jalan, sedang duduk di halte nunggu bus, perhatikan sekelilingmu: bus, cars, motorbike, road, safety, people, old women, old men, young women, drivers, passengers, etc.

membuatnya menjadi sebuah frase. Misalnya: a white sofa, a new television, wooden shelves, clean floor, rectangle table, orange wall, glass window, etc. Jadi perlu memberi sentuhan kata sifat untuk membuat kata benda itu menjadi sebuah frase.



2. Mulai berpikir dengan menggunakan kalimat-kalimat sederhana. Speaking Bahasa Inggris tanpa kursus dan deskripsikan benda, hewan atau orang di sekitar.

kita lanjut ke langkah berikutnya. Kamu perlu belajar speaking untuk mendeskripsikan sesuatu. Tapi inget, deskripsi itu nggak harus puanjang dan tanpa ribet. Hanya perlu beberapa kalimat sederhana saja.

Kalimat sederhana misalnya berpikir tentang sofa: “I am sitting on the sofa. I like to sit here with Brownie, my dog. This sofa is comfortable. The color is white. My family and I usually sit here in the evening.”

Jadi hanya perlu Subyek, Predikat (Verb) dan Obyek/Keterangan (SPO atau SPK). Lakukan ini tanpa perlu takut salah saat praktek speaking dalam pikiran. Karena nggak bakal ada yang marahin kalau salah, kecuali ada orang bisa baca pikiranmu. Kalaupun salah, tetap tenang karena bisa diperbaiki setelah tahu kalimat yang benar itu seperti apa. You can learn through mistakes, right?

3. Awali harimu dengan perencanaan.  Apa yang akan kamu kerjakan hari ini? Cara Speaking Bahasa Inggris tanpa kursus ini melibatkan pikiranmu.

Selain keterampilan meningkat pesat, cara Speaking Bahasa Inggris tanpa kursus bikin kamu jadi makin positif. Juga menikmati hari dengan mengatur dan meluangkan waktu untuk berencana di pagi hari. So, set up your mood in the beginning of the day!

4. Bermain peran dengan diri sendiri itu mengasyikkan lho. Ini adalah cara Speaking Bahasa Inggris tanpa kursus efektif banget saat kamu sedang sendiri.

The class was fun, wasn’t it?”
“Yeah, that’s right. I really enjoyed the activity.”
“Hm…let me guess. It’s because you were in the same group with him…”
“How come you know everything about me?”
“Because I am in yourself…”

Pernah melakukan percakapan atau praktek Speaking dengan diri sendiri? Jika kamu orang yang suka bermain peran, kenapa nggak memanfaatkan hobimu itu? Pasti seru deh, karena bisa jadi siapa saja yang diinginkan dan bermain peran dengan siapa saja dalam pikiran.

Tanpa perlu bikin script. Biarkan ngalir gitu ajah. Tanpa perlu takut salah dan dimarah. Kamu adalah aktor dan sutradaranya. Benar-benar multitasking, bukan? Jika serius dan sering melakukannya, kamu akan semakin mahir. Plus, jadi makin percaya diri untuk ngobrol dengan orang lain karena sering berlatih dan biasa mendengar percakapan atau dialogmu sendiri.

5. Speaking Bahasa Inggris tanpa kursus dilakukan dengan menjadikan berpikir dalam Bahasa Inggris sebagai kebiasaan. Sejam perhari adalah awal yang bagus. Asalkan konsisten, segala rintangan bisa kamu taklukkan.

Biasakan diri untuk berpikir dalam Bahasa Inggris. Kapanpun ada kesempatan dan waktu luang segera aktifkan English mode dalam pikiranmu. Jika masih belum terbiasa, atur agar mendapat waktu sejam saja dari 24 jam sehari untuk kegiatan ini.

Waktu satu jam itu nggak harus kamu pakai sekalian. Alokasikan beberapa menit untuk merenung pada pagi hari, siang dan sore hari, bahkan sebelum tidur sehingga totalnya bisa sampai satu jam.

Lakukan tips Speaking Bahasa Inggris tanpa kursus ini dengan konsisten.
Seberapapun banyak tugas yang dimiliki, selelah apapun dirimu setelah beraktivitas, kamu harus menjaga komitmen diri. Apabila ada sedikit saja kelonggaran hari ini, maka akan ada kelonggaran yang lebih parah esok hari. Jika dibiarkan terjadi, mimpi hanya tinggal ilusi.

Nikmati semua proses saat melakukan tips Speaking Bahasa Inggris tanpa kursus ini. Dari ngatur waktu, cari kosakata dalam kamus, sampai belajar bikin kalimat sederhana. Tentu kamu akan bergulat dengan kesulitan-kesulitan yang perlu diatasi. Ingat aja satu hal bahwa proses nggak bakal menipu hasil. Jika konsisten, segala rintangan bisa kamu taklukan tanpa keraguan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blajar media gambar

Langkah-Langkah Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Di antara media pendidikan...